Ketika madu ada di Natural Honey - Moisture Rich

5.30.2015
Kesulitan terbesar seorang penulis adalah mengangkat tema lama, merecyle dan membuatnya seolah terlihat baru (Vera Sitompul)


Seperti kutipan diatas, mengangkat kembali topik madu kepermukaan memang tidak mudah. Butuh segudang ide agar terasa berbeda dari yang lain. Hampir semua kalangan telah mengenal produk buatan lebah ini. Bahkan seiring kemajuan jaman telah dibuat banyak produk olahan dengan nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi daripada harga si madu sendiri. Bagiku madu - obat manis yang menyehatkan. Wajar karena segudang manfaatnya, kemudian aku menganugrahkan gelar best of the best bagi mereka. 


--- Sekilas Pandang Madu bagi SAD
Ada sebuah cerita yang ingin ku ceritakan kembali kepada pembaca mengenai madu yang dibawa oleh seorang senior dikampus yang telah menyelesaikan skripsinya berkaitan dengan madu dan suku anak dalam. Sangat jarang bukan dalam sebuah review aku membuat hal seperti ini. 


Jambi punya suku anak dalam ? Tentu! bahkan kisah mereka telah dibuat film berjudul "Sokola Rimba". SAD dijambi berlokasi dipedalaman hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas, cukup jauh dari pusat kota. Perlu kendaraan roda dua untuk bisa sampai kesana. Suku ini masih menampakkan raut kesederhanaan. Tampak jelas bagaimana hidup mereka benar digantungkan sepenuhnya kepada alam. Sama seperti kita, SAD juga mengenal madu. Bahkan madu disana masih sangat alami. Mereka melakukan cara tradisional saat memanen, berbeda dengan dikota yang sudah menggunakan campur tangan teknologi.


Pohon ini namanya "Pohon Sialang" - pohon yang memiliki harga sama dengan satu buah nyawa.  Mengapa semahal itu ?. Pohon sialang adalah rumah bagi ratusan lebah. Tingginya yang mencapai 25-30 meter membuat musuh alami lebah sulit mendekat untuk mengambil madu. Dalam satu pohon bisa dihuni ratusan lebah. Pohon sialang menempati urutan pertama sebagai pohon yang paling berhukum ketat. Harga yang harus dibayar bagi yang menebang pohon ini setara dengan satu buah nyawa, mahal bukan ??. SAD sangat menjaga pohon ini karena memberi sumber hidup bagi mereka. Sebelum proses memanen mereka melakukan sebuah ritual khusus yang melibatkan seorang dukun dan pemanjat terpilih. Adapun tujuan daripada ritual ini lebih kearah menjaga kelestarian pohon sialang agar tetap bisa dihuni kembali oleh para lebah. 

Ritual biasa dilakukan saat malam hari. Dukun akan membacakan mantera dan memindahkan roh yang bernaung dalam pohon sialang ke pohon lain. Setelah proses pemindahan selesai, pemanjat terpilih mulai bisa naik ke atas pohon dengan membawa obor hingga puncak. Adapun ritual pemindahan ini dilakukan juga sebagai wujud perlindungan untuk keselamatan si pemanjat. Sesampainya dipuncak, si pemanjat akan mengucap mantera sekali lagi lalu menghidupkan obor dan mengarahkannya ke gerombolan lebah. Lebah yang suka cahaya akan mengikuti jatuhnya bara api dari obor hingga ke tanah, lalu berpindah bernaung ke pohon lain.

Dari satu pohon sialang bisa didapatkan madu asli seberat 10kg. Sebanding dengan upaya SAD menjaga pohon ini. Syarat lain yang diberlakukan berkaitan dengan pohon ini adalah pembukaan lahan. SAD melarang sukunya sendiri dengan tidak boleh membuka lahan sejauh jatuhnya daun pohon sialang.

Setelah ini kamu pasti bertanya-tanya apa kandungan madu sehingga berharga semahal itu bagi sebuah suku ? Madu mengandung banyak mineral, vitamin dan enzim yang berguna bagi tubuh bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan, pemulihan dan daya tahan. Kaya-nya kandungan antioksidan, antibakteri dan vitamin dalam madu membuatnya menjadi produk ajaib bagi kulit. Mau tahu manfaat lain madu bagi kesehatan kulit ? cek disini


Antioxidant
Di dalam tubuh, terdapat radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan sel. Kandungan antioksidan pada madu mampu mengatasi gangguan radikal bebas tersebut

Moisturizing
Madu kaya akan gula higroskopis yang mampu menyerap dan mempertahankan air pada kondisi tertentu. Inilah yang membuat madu mampu menjadi pelembap yang baik khususnya untuk kulit

Antimicrobial
Madu merupakan larutan gula jenuh dengan aktivitas air rendah (Aw) dan mengandung hidrogen peroksida sehingga tidak mendukung pertumbuhan mikroba

Anti-inflammatory
Madu mempunyai kemampuan sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan. Produk perawatan kulit yang mengandung madu, sangat baik untuk kulit sensitif

Immunostimulating


--- NATURAL HONEY - Moisture Rich
Walaupun madu baik bagi kesehatan kulit tapi lucu rasanya untuk langsung menggunakan madu sebagai body lotion, bisa bayangkan sensasi lengketnya dan susah dibersihkan ? belum lagi kalau didekat kamu banyak semut ? hahaha

Tapi tenang, sekarang kita punya Natural Honey, sebuah pure honey lotion yang terinspirasi dari madu alami, diolah dengan menggunakan teknologi terkini guna menjamin terjaga kemurniannya. Produk ini punya 4 varian dengan tingkat kelembapan berbeda. Sekedar info, produk mereka baru dirilis dalam kemasan baru :D walau dari segi aku sendiri lebih suka warna kemasan yang lama, lebih cerah dan menarik.


 

Natural Honey sebagai salah satu produk lotion yang berbahan dasar madu (dengan berbagai varian dan manfaat) sangat direkomendasikan untuk menjaga kecantikan & kelembaban kulit selama 24 jam serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan SPF 30 PA++. 

Ingredients


Diantara keempat varian, aku pilih moisture rich karena tingkat kelembapannya paling tinggi. Setelah seharian terpapar sinar matahari, malamnya aku pakai ini untuk mengembalikan kelembapan kulit. Kalau pagi aku jarang pakai body lotion, biasanya sekedar sunblock. Maka-nya malam jadi waktu terbaik bagi kulit ku untuk dipakain lotion. Varian ini diperkaya olive oil dan vitamin e. 

Dari segi packing, aku suka desain baru mereka karena lebih simpel dan cukup elastis jadi lebih mudah waktu ngeluarin isi. Cara pakai : Oles ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi



Lihat, sangking kusam plus keringnya kulit ku sampai uratnya nonjol semua hahah. Digambar after, hasilnya setelah rutin aku pakai beberapa hari. Terlihat lebih cerah dan sehat. Akhirnya hasil kerja keras terbayar biarpun bagian punggung tangan masih menggelap tapi ya sudahlah, pelan tapi pasti bakal cerah juga nantinya. So far, aku suka lotion ini. Biarpun tekstur lotionnya terlihat lengket dan kental tapi begitu dipakai cepat diserap kulit, jadi gak luntur waktu terkena air. Hasilnya juga long lasting, lembap 24 jam.  

Natural honey ini bisa kamu beli di Giant, Carrefour dan Hypermart. Yang lokasinya dijambi, aku sarani coba cek hypermart, terakhir aku belinya disana tapi stok varian sedikit, malah cuma bersisa moisture rich waktu aku beli. Oke sekian blog report kali ini, maaf ceritanya kepanjangan - heran juga pas cari ide susah sendiri tapi waktu nulis lancar jaya :p . Terimakasih dan semoga bermanfaat.

berpartisipasi dalam "Beauty Benefits of Honey” Blog Competition [7]




No comments:

Post a Comment