BeautyTalk : Pakai Foundation Setiap Hari ? Aman kah ?

6.06.2015
BeautyTalk (BT) akhirnya launching :D. Udah lama sebenarnya pingin punya forum khusus berbagi artikel, cuma baru kesampain sekarang. Agak ragu awalnya karena pengetahuan aku soal beauty masih minim tapi sekalian belajar juga gak papa lah ya :)

BT pertama diangkat dari sebuah pertanyaan yang kemarin masuk, 

. . .

Halo mba Altriza, terimakasih sebelumnya untuk pertanyaan seputar foundi ini. Oh ya, nama ku gak perlu didouble r - aslinya cuma punya satu r kok. Url blog ini didouble r karena domain dengan nama yang sama sudah ada yang punya lebih dulu, jadi biar tetap bisa dipakai sengaja dipilih mendouble kan huruf r. Nah mengenai foundi (aku persingkat aja ya), beauty talk mengenai ini sebenarnya sudah banyak dibuka baik dalam forum besar maupun secara pribadi oleh beauty blogger. 

Hasilnya sebagian pengguna foundi setuju kalau penggunaan setiap hari tidak baik bagi kesehatan wajah karena bisa menyebabkan jerawat, menyumbat pori bahkan menggelapkan



disini

sebagian lagi lebih setuju untuk bilang kalau foundi aman untuk penggunaan setiap hari (daily use) 


dan sisanya memilih untuk  NETRAL 

. . .
Foundation is it really bad for your skin ? Aku sendiri termasuk penggemar foundi. Dulu hampir setiap hari aku pakai ini tapi sejak kenal bb cream, aku prefer bb cream untuk daily use karena dari segi tekstur jauh lebih ringan daripada foundation. Untuk hasil terbaik memang lebih direkomendasikan penggunaan foundi dibanding bb cream. 

Foundation sendiri punya tingkat coverage. 
light atau medium coverage, yang artinya alas bedak tersebut memiliki ketebalan tipis sampai medium. Biasanya, alas bedak jenis light  bertekstur lebih cair dan terlihat lebih bening. Alas bedak dengan tulisan full coverage memiliki tekstur lebih kental dan padat. Biasanya digunakan untuk riasan pesta atau riasan panggung (info disini)
Selain itu dijumpai juga dalam tiga tipe: liquid (cair), cream dan stick

Liquid
Liquid lebih direkomendasi bagi pemilik kulit berminyak karena tergolong paling ringan. 

Cream
Cream untuk kulit normal atau kering karena mampu menutup pori 

Stick
sedangkan stick tergolong lebih berat. 

Bahaya atau tidaknya penggunaan foundation sebenarnya tergantung kepada pemakai. Tahukah kamu bukan hanya foundation yang bisa menyebabkan kulit rusak, salah pilih skincare juga bisa berefek buruk. 

1. Begitu juga dengan foundation. Saat kamu salah memilih, efeknya bisa menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu penting untuk mengetahui kandungan foundation yang akan kamu beli. Jangan menggunakan mineral foundation bagi kulit berminyak. Kulit mu sudah cukup berminyak, jangan ditambah lagi. 
2. Pilih tingkat coverage yang sesuai jenis kulit. Jangan memaksa menggunakan stick bagi kulit berminyak karena bagus atau tidaknya hasil penggunaan foundation bergantung pada cara kamu saat mengaplikasikan. Fokus pada tehnik 
3. Double cleansing - kenapa aku memasukkan ini ? Banyak pengguna foundation sering menyalah-artikan penyebab kulit bermasalah sesaat setelah menggunakan foundation, padahal bisa jadi itu karena si pemakai tidak melakukan pembersihan dengan benar. Double cleansing diperlukan setelah seharian wajah kamu dibekap dalam tumpukan makeup yang berat. Double cleansing membantu mengangkat dengan sempurna dan meminimalkan timbulnya efek buruk seperti pori tersumbat atau jerawat
4. Less your makeup - terbiasa menggunakan makeup yang berat ? sesekali coba kurangi bahkan hilangkan "must product" your daily use. Wajah juga perlu diberi ruang untuk merefresh diri. Beri jarak atau waktu minimal sehari dalam seminggu untuk wajah bebas makeup. Selain baik untuk mengurangi residu produk pada wajah, ini juga bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu for show the real who you are :))
Dari tips diatas kamu pasti tahu aku prefer kemana - Netral. Bukan tidak berani mengambil resiko untuk didebat tapi inilah pendapat ku sekaligus kebiasaan yang sering diterapkan berkaitan dengan foundation. Oh ya jangan lupa penggunaan skincare, ini baik untuk kulit lebih sehat, sebuah base awal yang harus dilakukan and last but not least, sunscreen. 

Penggelapan pada wajah sebenarnya bisa disebabkan karena dua hal : residu makeup atau terpapar sinar matahari. Untuk minimalkan residu kamu bisa terapkan tips diatas, sedangkan paparan sinar matahari selalu gunakan sunscreen. Sinar matahari sekarang tidak lagi baik untuk kulit. Rasanya sudah cukup jelas ya paparan mengenai foundation, semoga membantu :))

2 comments:

  1. waaah makasih banyak mba Veraa, sangat membantu! so happy to found your blog. keep inspiring mbaa xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, senang bisa membantu :))

      Delete