OST C20 Original Pure Vitamin Serum

6.27.2015

Ini postingan kesekian ku tentang skincare untuk wajah berjerawat. Setelah sebelumnya cukup puas pakai brand lokal - sariayu, aku coba nambahi serum ke dalam daily routine ku. Pilihan ku jatuh ke OST C20 Original Pure Vitamin Serum. Bukan tanpa alasan aku pilih ini, ada banyak pertimbangan dari review beberapa blogger baik dalam maupun luar negeri. Serum ini memang jadi hot issue karena selain pure dibuat dari vitamin c, juga bagus untuk mencerahkan, mengatasi jerawat bahkan jerawatnya sendiri. Harganya ? sedikit mahal hehe, tapi work it ! Cukup untuk persediaan 3 bulanan lebih. Serum ini dari korea, dari brand OST ( Only S. Trend Cosmetics). 



Serum dikemas dalam botol berwarna hitam. Fungsinya untuk menjaga kualitas serum agar tidak berubah. Serum ini sensitif dengan panas, mudah teroksidasi. Kalau sampai warnanya berubah tandanya gak bisa dipakai lagi. Maka-nya untuk penyimpanan disarankan diletakkan di dalam kulkas. Botolnya juga dilengkapi dengan pipet yang langsung menyatu sekaligus jadi tutup. Aku pakai ini mendekati dua bulan lebih dan bisa dilihat kondisi serum nya masih bagus karena terjaga dari suhu dingin dalam kulkas. 
Untuk cara pakainya bisa single use (serum aja) atau kombinasi dengan krimnya Vitamin Sleep 9 to 5 Crema. Duetnya si serum dari brand sama - OST. Karena keduanya sama-sama mahal akhirnya aku putusin untuk coba si serum dulu. Serum ini baiknya dipakai waktu malam sebelum tidur setelah wajah dibersihkan. Tuang 2-3 tetes serum ke tangan terus usap ke wajah. Tapi aku sering nekat pakainya 4 tetes, soalnya itu setara pencetan satu pipet. 

Ini kondisi serum ku sekarang, tersisa sedikit lagi. 



Sekarang waktunya bicara soal pendapatku. Karena serumnya sudah ku pakai hampir dua bulan, rasanya udah lebih dari cukup untuk menggambarkan ada atau enggaknya pengaruh serum ini. Kalau kamu baca dari review blogger lain, beberapa dari mereka bahkan dari note serum sendiri ada pemberitahuan untuk pemakaian pertama akan menimbulkan rasa ceklit. Awalnya aku bingung, itu rasa kayak mana, perih, lengket atau apa. Soalnya udah hampir seminggu di pemakaian awal belum ada tanda apapun kalau serum ini menuju ke postif atau negatif. 

Aku bahkan sempat tanya ke salah satu blogger yang ngebahas ini diblog nya. Mba-nya bilang mungkin aku perlu stop krim lain biar hasil serumnya benar terlihat. Aku bahkan udah sampai tahap hampir nyerah, udah kepikiran mungkin serum ini bakal bernasib sama dengan secret key ku dulu. Bagus di kakak, tapi enggak di aku. Kalau gitu masa iya aku benaran harus balik berobat ke dokter ? mahal tauk

Walau gitu aku tetap coba untuk berpikir postif, mungkin serumnya butuh penyesuaian dan itu benar. Setelah dua minggu rutin pakai ini hasilnya pelan-pelan baru terlihat. Kali pertama aku gak konek, tapi karena rutin tiap bangun tidur ngecek kondisi wajah, terlihat bekas jerawatnya pelan berangur-angsur memudar dan itu rasanya wow banget. Sejak itu aku terus telaten pakai (single use) serum ini dan skip segala macam krim whitening ku.

Sampai kemudian setelah hampir dua bulan, aku coba untuk foto before - after kondisi wajah ku. Ini dia hasilnya


Terilhat berbeda ya. Foto before itu aku jepret bulan 4 dan after bulan 6. Selang waktu 2 bulan. Pertama kali pakai jerawat ku juga masih booming, hehe. Kelihatan jorok (-_-), tapi setelah itu wajah ku terlihat lebih cerah, mulus, lembut dan noda jerawat berangsur hilang. Yang paling T.O.P -nya lagi jerawat cepat kempes. Sekarang aku bukan lagi seorang yang penakut dengan jerawat (hahah), biasanya cukup dua hari untuk jerawat baru hilang setelah dipakain serum, kecuali kalau aku khilaf, pegang wajah pas tangan belum dicuci dan akhirnya infeksi.

Aku benaran jatuh cinta dengan serum ini dan berniat coba C21.5 karena kadar vitamin c-nya lebih tinggi dan direkomendasikan untuk menghilangkan bekas jerawat. But yeah, jauh lebih mahal dari ini :p . Serum C20 aku beli seharga 230k. Kelemahan serum ini cuma satu, residu nya yang suka nempel di bantal. Baunya asem dan bikin wajah kamu makin berminyak dipagi hari. Cara mengatasinya ? cuci wajah pakai face wash (hahaha). Selamat mencoba 

30 comments:

  1. hai aku Tami,,
    lagi butuh pencerahan nih, yg aku mau tanyain nih mngkin kamu bisa bantu ya,,
    kondisi muka aku lgi purging karna 2bulan pake skii (jerawat di pipi kanan kiri lumayan gede dan bruntusan) T_T.
    nah kira2 klo pake serum ini bakalan bisa bantu ngatasin ga ya?
    trus, untuk klo serum ini dipake barengan sama fte nya skii, atau sejenisnya berdasar pengalaman kamu gimna?
    thanks ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai tami

      Kalau menurut aku sih bisa. Jauh sebelum pakai ost aku juga sering bermsalah dengan purging, biasalah kalau iseng coba-coba skincare baru. bahkan botol serum ost kedua ku juga dibeli karna desperate gara-gara purging pakai bioclinicnya oriflame yg mahal itu :P. Aku juga pernah kombin ini dengan fte nya skii, cuma sekarang dialihkan ke dupenya si secret key (maklum mihil bok) dan sejauh ini kondisi wajah ku masih baik. Untk jadi perhatian aja, biasanya kalau masih awal-awal pakai si serum ost ini bisa bikin purging juga. Tapi diterusin aja pakainya, biasanya diminggu ke dua baru kelihatan hasilnya. And for best result kalau dari pengalaman ku pakai single use sebelum tidur. Semoga membantu :)

      Delete
  2. Hai, aku kiki
    Mau kmu tanya beli serum c20 nya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kiki

      Aku belinya ditokopedia. Semoga membantu :)

      Delete
  3. Hay kak aku desti
    Kalo enggak di simpen dalem kulkas warna serum cepet berubahnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp, benar banget des - vitamin c emang gitu, gampang banget teroksidasi kalau kena panas makanya wajib disimpan dalam kulkas. Engga perlu dimasukkin di freezer juga, cukup dirak pintu kulkasnya aja, kalau dalam freezernya takutnya jadi beku :D - semoga membantu

      Delete
  4. Kak. Aku baru nyoba pake ost c20 nya 4 malem nih. Krn muka ku lg beruntusan parah semuka mgkn krn alergi (entah alergi apa. Mgkn ada makanan yg tdk berkenan di badan haha). Stress liat muka yg kyk kalah perang gini. Akhirnya mutusin nyoba ost c20. Selama 4mlm ini malah tmbh stress krn makin purging ya hahaha. Tp aku pakein trs aja dl. Mudah2an minggu depan sdh mereda purging nya.. aku jg pake single use kak. Tp ada yg blg kl pake single kulit jd dehidrasi? Mohon pencerahannya kak. Tengkiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai andita
      i really know how your feel :( - sedikit saran untuk penggunaan serum ost memang perlu ketelatenan plus sabar. Cara kamu pakai dengan single use udah benar kok tinggal nunggu waktu efek kerja serumnya aja.

      Mengenai dehidrasi, selama pakai ini sih aku engga ngalami ya, mungkin karna faktor akunya juga rutin minum air putih 8 gelas, kalau untuk skincare aku cuma pakai Gizi Creamsoalnya dia krim paling ramah sih selama aku kena jerawat parah. Daya lembap nya juga bagus

      Semoga membantu -- fighting :D

      Delete
    2. Halo kak
      thx reply nya. Hari ini pas 1mg aku make c20. Selaen purging aku jg keluar jerawat yg agak besar n bermata kak �� haduhh. Mudah2 an minggu kedua membaik n aku bs sukses jg make ini kyk kakak..
      tengkiu sekali lg & still fighting hahaha

      Delete
    3. Sipp, sipp ..

      Fighting :D :D - sukses selalu

      Delete
  5. Ka serum nya ngaruh ke mengecilkan pori2 menghilangkan bekas jerawat Dan mencerahkan wajah gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai

      untk mengecilkan pori aku kurang ngeh hahaha tp ampuh kok untk menghilangkan bekas jerawat, lihat before - afternya aja, kelihatan lebih cerah juga

      Semoga membantu :)

      Delete
  6. Hai ka aku mau nanya dong kalo misal abis pakai serum ini aku pake krim malam nya bodyshop yang tea tree boleh gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fivia

      Untuk pemakaian krim malam setelah serum engga masalah sih tapi untuk melihat efek si serum sendiri ada baiknya dipakai single use aja karna kandungan vit c di serumnya udah kaya banget kok, udah cukup rasanya jadi pengganti sementara krim malam.

      Diselang-seling aja untuk pemakaiannya. Semoga membantu :)

      Delete
  7. Allo kak, mo nanya, aku udah 1bulan pake c20 combine dg vit sleep 9 to 5, cm kok muka ku kemerahan gt ya, jd kusem... Apa ada yg sprti itu untuk awal"..bingung antara cocok atau ga. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Rifka

      Mengenai kondisi kulit kamu, aku juga bingung karena aku juga bukan expertnya serum ini. Tapi kalau udah pemakaian satu bulan dan malah kelihatan kusam plus kemerahan coba distop dulu. Mungkin kulit kamu engga cocok dengan salah satunya.

      Ada baiknya untuk memulai kamu pakai one by one, jangan langsung keduanya, jadi kalau skincarenya engga cocok langsung tahu. Kasih jeda untuk produk pertama akrab ke kulit kamu baru ditambah skincare baru :)

      Untuk saat ini stop keduanya aja dulu, kasih jeda ke kulit kamu. Kisaran 3-7 hari kemudian baru coba pakai lagi, kalau tetap sama mungkin kulit kamu engga cocok pakai keduanya. Semoga membantu :)

      Delete
  8. hai kakak cantik, berarti dipemakaian awal sampe 2 bulan itu sama sekali gak ngrasain yang kebanyakan dibilang "clekit-clekit" itu ya? kalo gak ngrasa clekit sama sekali, itu apa brrti cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga ..

      Iya nih, bahkan sampai repurchase botol kedua masih ga ngerasain clekit-clekit atau tingling sensation gitu tapi tetap tetap cocok kok serumnya, buktinya sampai beli botol kedua :D . Sempat khawatir awalnya tapi pas nanya ke blogger lain kayaknya tergantung skin condition juga

      Dari persepsi aku, mungkin mereka ngalami clekit-clekit gitu karna kadar vitamin c diserum ini ketinggian dikulit mereka atau bisa jadi kulit mereka lagi ada yang luka.

      Soalnya ini agak mirip dengan kasus ku waktu pakai toner dari garnier, kalau pas kondisi kulit aman dan sehat plus ga ada luka atau terlalu kuat dan kasar waktu bersihin kulit, pas toner di pakai ga ada sensasi perih tapi kebalikannya kalau pas bersihin terlalu kasar dan kuat plus ada bekas luka sedikit pun itu bakal perih banget, mungkin gitu juga kali ya serumnya :D :D - tapi ini sekedar persepsi dari aku ya

      Kalau efek sih tetap ada kok, ampuh malah. Berencana mau upgrade ke c21,5 nya juga. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Aaaa begitu kak... aq baru pake 3 harian malah breakout kak... ni stop 2 harian,,,,mnrt kakak gimana? Kok d aq kayak detoks hiks

      Delete
    3. Aaaaa.. iya seperti itu :D

      Samaan dong ya, aku juga gitu loh awalnya. Udah mulai lupa first impression pertama pakai ini serum tapi seminggu awal di wajah emang ga kelihatan ngasih progress apapun. Tambah kusam malah. Sempat pingin diberhentiin cuma ya sayang udah beli mahal malah dianggurin :D

      Kalau untuk kondisi kulit kamu bisa distop dulu terus cek kira-kira beberapa hari kedepan breakoutnya ada perubahan lebih baik kah atau nekat diterusin, siapa tahu kan lagi masa penyesuain. Tergantung gimananya kamu aja, soalnya skincare itu cocokkan, balik lagi ke kitanya

      Dicoba aja dulu satu-satu plus lihat efeknya ke kamu gimana. Semoga membantu :)

      Delete
  9. Halo salam kenal..
    Aku udh pake hampir 2 minggu (12hari) tapi kok beruntusan ya..
    Apa mmg proses awalnya seperti itu ya..
    Tq..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis linda masih bruntusan gk? Atau sekarang udah baikan muka nyaa?? Aku mau pake tapi takutt.. Mohon jawabannya :"

      Delete
  10. Ka mau tanya donk,sebenarnya muka aq ga berjerawat tapi kering,kusam dan banyak flek hitam apakah bisa membuat cerah dan menghilangkan flek hitam menggunakan serum ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mila,

      Seharusnya bisa karena kandungan utamanya kan vitamin c. Kalau untuk flek hitam sih kayaknya ngga ngefek, bagusnya untuk bekas jerawat aja

      Delete
  11. Malam ka Vera. Kalo mau beli serum ost C21.5 yang asli dimana? Kasih rekomendasi donk. Makasih ya kaka cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Endah,

      untuk ost c21,5 aku kurang tahu bagusnya beli dimana, soalnya belum pernah coba juga. Coba cek di instagram, seharusnya sih banyak seller yang jual. Semoga membantu

      Delete
  12. Aman gak ya untuk bumil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya saya kurang tahu. Coba dikonsul langsung dengan dokternya :))

      Delete
  13. Sis mau tanya donk. Ak hr ke dua pake sis merasa bagus. Tp hr ketiga ak kok tmbul jrwt kcil bbrp ya. Tp ad yg lain justru kempes. Kdg takut ngrlanjutin. Tp liat dr hasil foto 2hr bekas jrwynya emg lebih memudar. Cuman ya itu jd muncul jrwt kcil. Ad saran ga ya? Makais. Ak pakainya dibarengin krim malam dokter tp ak pakai stlh c20 nya jeda bbrp jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, baiknya sebelum memutuskan pemakaian ost serum konsultasikan dulu ke dokter kulit kamu boleh dicampur atau ngga. Saya sendiri pakainya single use. Kalaupun diminggu awal kelihatan tambah kusam atau jerawat bisa jadi karena masih dalam masa penyesuaian tapi bisa juga karena ngga cocok. Semoga membantu

      Delete